Belajar TOEFL, Test Latihan TOEFL Online, Belajar Inggris

2.4.3 Tipe ke – 3 (Past – Unreal Conditional) - Jenis-Jenis Conditional Sentence -

Kamis, 06 Maret 2014

2.4.3 Tipe ke – 3 (Past – Unreal Conditional) - Jenis-Jenis Conditional Sentence -

Tipe ke – 3 (Past – Unreal Conditional)


Tipe ke – 3 menggambarkan suatu kejadian yang bertentangan dimasa lampau dan tidak ada harapan akan terlaksana karena merupakan lamunan masa lalu (impossible condition)

past - unreal condition
Contoh:
  • If I had known her number, I would have called her.
          Seandainya saya tahu nomor teleponnya saya akan menelponnya 
          (makna sesungguhnya adalah “I didn’t know her telephone number” and saya -
          tidak pernah meneleponnya).
  • She could have finished the exam, if she had had more time.
          Dia akan dapat menyelesaikan ujiannya, seandainya dia memiliki banyak waktu. 
          (makna sesungguhnya “she didn’t have enough time” dan dia tidak bisa menyelesaikan ujiannya).


Dalam pengandaian tipe 3, penggunaan kata “if” dapat di hilangkan dengan menggunakan pola kalimat inversi.
Contoh :
  • Had I gone to the party, I would have met her.
          Seandainya saya pergi ke pesta itu, saya akan bertemu dengannya. 
          (makna sesungguhnya saya tidak pergi ke pesta itu “I didn’t go to the party” dan saya -
          tidak bertemu dengannya).