Belajar TOEFL, Test Latihan TOEFL Online, Belajar Inggris

2.4.2 Tipe kedua (Unreal Present) - Jenis-Jenis Conditional Sentence -

Selasa, 25 Februari 2014

2.4.2 Tipe kedua (Unreal Present) - Jenis-Jenis Conditional Sentence -

Tipe kedua (Unreal Present) 

Bentuk kedua dari conditional sentence disebut improbable condition, yang artinya bahwa kejadian tersebut bertentangan dengan yang sebenarnya, karena ini merupakan lamunan/khayalan saja (contrary to fact)

unreal present


Contoh:
  • If I were rich I would give my money to the poor.
          Seandainya saya kaya, saya akan memberikan uang saya pada orang miskin 
          (makna sesungguhnya adalah “I am not rich so I don’t give my money to the poor” – 
            saya tidak kaya jadi saya tidak memberikan uang saya ke orang miskin)
  • If he smoked less, he wouldn‟t cough so much.
          Seandainya dia mengurangi merokok, maka dia tidak batuk terus. 
          (Makna sesungguhnya ‟he smokes much” maka dia akan batuk-batuk terus)

Dalam pengandaian tipe ke 2 penggunaan kata “if” bisa di hilangkan dengan menggunakan pola inversi, yaitu:
Contoh:

  • Were he here, he would take care of our problem

          Seandainya dia ada disini maka dia akan membantu menyelesaikan masalah.
          (Maka sesungguhnya “he is not here” dan “he will/ can/do not take care of our problem” dia tidak -
          dapat membantu menyelesaikan masalah kita)

  • Were we a movie star, I would be very famous

          Seandainya saya seorang bintang saya akan sangat terkenal
          (Makna sebenarnya adalah “I am not a movie star and I am not famous” saya bukan seorang -
          bintang film jadi saya tidak terkenal)